ga jelas ?

hari ini ,
pelajaran bahasa indonesia .
11.37

pak K ,guru bahasa indonesia gw masuk ke kelas jam pelajaran ke 6-7 .gw kira materi hari ini masih ngebahas tentang makalah .tapi ternyata udah ganti materi ,tapi ga ngerti gw juga apa namanya .tiba - tiba beliau menulis di papan tulis ...


PENCITRAAN (panca indera)
1.
2.
3.
4.
5.


kemudian beliau mengatakan ,"sekaran coba kalian merenung"
hah ?apa?
otomatis lah anak - anak sekelas ,termasuk gw ,ga ngerti apa yang diomongin sama si bapa .emang kita mau belajar apa sih ??
tapi ga ada gunanya juga kalau ber-hah?hah? ria ,yang jelas ,tadi ,kita nurut - nurut aja sama apa yang disuruh sama tu bapa .

"coba kalian merenung ,apa saja .saya beri waktu lima menit untuk merenung .tidak berisik ,karena merenung tidak perlu bicara dan dalam keadaan diam"

oke .
lima menit yang sudah disepakati pun berlalu secara mulus ,kita merenung .

"baik .sekarang silahkan kalian tuliskan satu kata yang dapat mewakilkan apa yang kalian renungkan tadi .tulis diatas kata PENCITRAAN"

jadi seperti ini yang gw tulis :

bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1.
2.
3.
4.
5.

gara - gara gw emang kebingungan apa yang mesti gw renungin ,soalnya tiba - tiba ,jadi yang terlintas di otak gw pas disuruh merenung adalah : air dari torn di rumah gw kotor ,kecampur pasir .mungkin ada pipa yang bocor dari PDAM-nya ,jadi kaya gitu .padahal gw mau mandi sambil keramas .jadi gw gatau ,mau keramas dengan air kotor itu ,atau ngga keramas padahal udah beberapa hari gw absen keramas .jadi gw nulis BINGUNG .


kemudian beliau berkata lagi ,
"sekarang ,setelah anda selesai menulis kata yang dapat mewakilkan apa yang anda renungkan tadi ,silahkan tulis pada nomer satu ,kata apa yang dapat mewakilkan apa yang anda renungkan tadi melalui sudut pandang pancra indera mata anda"
dan gw nulis ini :

bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1. kotor
2.
3.
4.
5.


dan ia berkata lagi ,
"di nomor 2 ,anda isi kata apa yang dapat mewakilkan apa yang anda renungkan tadi melalui sudut pandang panca indera peraba anda"

yang gw tulis :

bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1. kotor
2. basah
3.
4.
5.


selanjutnya ,
"di nomor 3 ,silahkan anda tulis kata yang dapat mewakilkan apa yang telah anda renungkan tadi melalui sudut pandang ucapan anda"

essay gw :
bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1. kotor
2. basah
3. ih !
4.
5.


next .
"nomor selanjutnya ,bla bla bla bla melalui sudut pandang pancra indera penciuman anda"


lalu ,

bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1. kotor
2. basah
3. ih !
4. bau
5.


then ,
"nomor terakhir ,bla bla bla bla melalui sudut pandang pancra indera perasa anda"

yeah ,terakhir ,dari awal yang baru :

bingung
PENCITRAAN (panca indera)
1. kotor
2. basah
3. ih !
4. bau
5. pahit


kemudian ,guru itu memberikan perintah baru yang selanjutnya .
"setelah anda selesai menulis dari nomor 1 sampai nomor 5 ,disamping tulisan anda tersebut ,atau dibawahnya ,terserah sesuka anda ,silahkan tulis barang - barang apa saja yang dapat mewakilkan apa yang telah anda renugkan tadi"


selalu saja ada kata "apa yang telah anda renungkan tadi" ,dan berulang lagi ,ulang lagi ,ulang lagi !
cape gw ngetiknya !
hheu .

"sebanyak - banyaknya ,tanpa batas" beliau menambahkan .


dan ,
mungkin karena kesastraan gw mulai terpancing *geleh* ,walaupun tugas yang diminta belum jelas buat gw ,tapi gw lanjut nulis tu tugas .menurut lo ,barang apa aja yang kita pake kalo mau mandi sama keramas ?dan barang lainnya yang kita jumpai sampai kita beranjak untuk melaksanakan kegiatan yang bernama MANDI ??

ga usah mikir susah - susah ,pikir gw .dan gw nulis barang - barang ini :


air
pasir
ember
gayung
rambut
sabun
handuk
shampoo
baju
ikat rambut
sisir
pintu
bak
kamar mandi


setelah semuanya selesai nulis ,akhirnya sang guru menjelaskan maksud dan tujuannya kita semua dikasih tugas ga jelas kaya gitu .


"baik .sekarang saya kan memberi contoh .dari yang saya renungkan ,oleh saya tentunya ,saya dapat membuat beberapa larik ,contohnya : bunga yang layu itu membuat redup suasana hatiku .begitu ..jadi sekarang tugas kalian selanjutnya adalah ,buat sebuah puisi dari apa yang sudah kalian tulis tadi berdasarkan renungan kalian"







...........................
sunyi .



"APAAAA ???PUISI???"
"iya puisi" tegas si bapa guru .
"jadi yang sudah selesai dapat dikumpulkan ke depan" lanjutnya .


shit .
pengen ngakak gw sebenernya .kalo emang mau nyuruh bikin puisi ,langsung ngomong aja kali !susah banget kayanya ya mau nyampein itu juga ?tau dari awal ujungnya bakal disuruh bikin puisi ,sekalian aja tentuin tema ,terus bikin dah puisinya .sekarang ,apa masih masuk akal kalo apa yang gw tulis semuanya sama sekali bukan bahan yang pas dan TEPAT buat dijadiin puisi .puisi mau mandi ?di kamar mandi gitu ?ha-ha ,kalo sastrawan yang baca ,gw rela dihukum penggal leher detik itu juga .'puisi teraneh sedunia : melibatkan kata - kata "gayung dan ember" .penemuan yang aneh sepanjang abad manusia'
shit damn ..
dan gw gamau nyape ada pernyataan tentang itu ,tentang pusi yang bakal gw tulis .ahh ,dibilang puisi juga ngga kayanya ,lebih cocok dibilang 'tulisan konyol orang yang konyol' .beuh .

gw coba buat meres ni otak sekuatnya .susah banget nyari kata yang pantes buat disusun jadi puisi ,dengan keterbatasan kata - kata yang udah gw pilih tadi .well ,tapi emang imajinasi itu muncul ketika dihadapan kita tersedia jalan yang buntu atau bercabang .at least ,selama gw nulis ,gw dapet ilham yang tak terduga .

dan ini salinan puisi yang gw tulis tadi .

{no title)


kau membuatku bingung ,
bagai pasir kotor yang meracuni air .
rambutmu yang basah itu ,
membuat pikiranku seperti tak terjaga .
ternodai .
mungkin bagimu ,rambutmu itu indah .
seduhan shampoo memperindahmu ,
lambaian sisir meperjinakmu ,
tambahan ikat yang memanjakanmu .
tapi bagiku tidak .
bagiku kau bagaikan sehelai handuk ,
yang tak berupa ,tak rupawan ,
tak istimewa .
bau dan tak indah .
bagiku kau hanya setumpuk bak sampah ,
yang tidak berguna .

lenyap ..
jangan buat aku bingung lagi .
kini tak ada cahaya lagi .
pintu maafku sudah terkunci ,
lenyap ..
tersembunyi di dalam rawa ,
yang terdalam .


MUAHAHAHAHAHAHA =)) =))
sumpah gw ketawa ngebaca puisi gw sendiri .jrit ,itu teh puisi atau kubangan air kencing sih ??sial dah .HAHAHAHA !ga jauh beda ,temen gw juga ngakak pas baca pusi gw .hahaha ,rasanya gw udah ngelakuin riset terbaesar kalau orang konyol itulah sang senimannya *hahaha*

akhirnya ,pas gw udah selesai nulis ,dan ngebaca ulang ,gw kumpulin langsung tugas gw ke guru gw .dan kebeneran tugas gw langsung dibaca .sembari gw balik ke bangku gw ,gw nunggu reaksi tu guru .apa bakalan mesem - mesem saking susahnya kesabaran nahan pup gara - gara baca puisi gw ,atau lebih konyol lagi dari gw ,dari objek yang disebut orang konyol ,TIDAK BEREAKSI SEDIKITPUN .dan emang dia kaga nunjukin reaksi apa - apa ,mukanya fla bgt ,sungguh .mengernyitkan sebelah alis pun kaga .apalagi ketawa ngakak - ngakak sambil guling - guling .dan gw kecewa ,ga ada respon .berarti bukan gw yang jadi 'sang seniman' itu .


ahh ..
tapi edan lah .gw malah ngakak - ngakak liat reaksi tu bapa .masa puisi konyol kaya gitu kaga direspon sih ?? "jadi ,siapa yang konyol ,caa?" tanya gw ke temen gw ."tetep elu yang menang !" katanya ,dan kita ngakak - ngakak lagi .puas gw ,puas ...


dan ,
itulah kejadian aneh yang terjadi hari ini ,bener - bener hari ini .yang bikin muka gw merah kaya terong ungu yang dikasih cabe .HAHAHAHA !!

0 comments:

HELL-O no judge. no scream. no cry. no smile. just READ IT!
Animated Pictures Myspace Comments
MyNiceProfile.com

Labels

my tail